Tragis! Musisi Joni Mitchell Sulit Berjalan dan Bicara karena Idap Penyakit Otak
Artis

Tragis! Musisi Joni Mitchell Sulit Berjalan dan Bicara karena Idap Penyakit Otak

Tragis! Musisi Joni Mitchell Sulit Berjalan dan Bicara karena Idap Penyakit Otak

Tragis! Musisi Joni Mitchell Sulit Berjalan dan Bicara karena Idap Penyakit Otak – Musisi Joni Mitchell baru-baru ini bercerita mengenai perjuangannya melawan aneurisma otak yang diidapnya pada 2015.

Kepada The Guardian, Mengutip dari https://matkojelavic.com/, ia mengungkapkan dirinya masih berada dalam masa penyembuhan hingga kini.
“Aku belum menulis (lagu) lagi belakangan. Aku belum bermain gitar atau piano atau apapun,” ujar Joni Mitchell.

Menurut Joni Mitchell, saat ini, fokus dirinya tertuju pada bagaimana ia bisa sembuh seperti sediakala. “Di sinilah aku dan berjuang lagi,” ucap dia melansir dari http://162.241.119.31/.

Idap Penyakit OtakĀ  Musisi Joni Mitchell Alami STroke

Baca juga:
Rinni Wulandari Bangga Nord Dapat Nominasi AMI Awards
Musisi kelahiran 7 November 1943 itu mendeskripsikan lima tahun berjuang melawan aneurisma adalah kerja keras. “Aku menunjukkan perkembangan yang lambat, tapi bergerak maju,” tutur ia.

Joni Mitchell mengaku, pasca serangan penyakitnya, ia mempelajari semuanya dari awal, mulai dari belajar berjalan hingga belajar berbicara. Ia juga mengatakan bahwa belajar berbicara lebih mudah ketimbang belajar berjalan.

“Sekali lagi aku tidak bisa berjalan, aku harus belajar lagi, aku tidak bisa bicara. Polio tidak membuatku seperti itu, tapi aneurisma menghilangkan (kemampuan) lebih banyak. Menghilangkan kemampuanku bicara dan berjalan,” cerita ia.

“Dan kalian tahu, aku bisa kembali bicara dengan cepat, tapi untuk berjalan, aku masih berjuang untuk itu,” sambungnya.

Namun Joni Mitchell menolak untuk menyerah pada keadaan. “Tapi aku adalah pejuang, aku punya darah dari Irlandia. Maka kalian tahu, sinilah aku, medan perang yang lain,” ungkap ia.

Karena penyakitnya, Joni Mitchell sempat dirawat Los Angeles, Amerika Serikat pada Maret 2015 setelah temukan tidak sadarkan diri pada rumahnya.

Baca juga:
Yovie Widianto Jadi Pencipta Lagu yang Terbanyak putar Spotify
Aneurisma adalah pembesaran atau pembengkakan pembuluh dara akibat melemahnya pembuluh darah. Selain terjadi pada otak, aneurisma ketahui bisa juga terjadi pada aorta, belakang lutut, usus ataupun limpa.

Joni Mitchell merupakan musisi yang kenal lewat sejumlah lagunya, yakni A Case of You, Big Yellow Taxi, hingga Free Man in Paris dan lain-lain.

Pada 30 Oktober 2020 ia akan mengeluarkan arsip dari karya-karyanya dengan tajuk Joni Mitchell Archives Vol 1: The Early Years (1963-1967).