Tips sukses menjadi musisi di usia muda dengan mudah
Tips Bermusik

Tips sukses menjadi musisi di usia muda dengan mudah

Menjadi musisi di usia muda

Tips sukses menjadi musisi di usia muda dengan mudah – Ketika kita bicara soal musisi, memang nggak hanya berhenti pada soal teknis, pembelajaran akademis dan skill semata. Ketika memutuskan jadi musisi, banyak faktor yang bisa memengaruhi kesuksesan seseorang.

Memang, menguasai instrument musik mungkin bisa disebut hal yang utama ketika menjalani profesi sebagai musisi.

Tips sukses menjadi musisi di usia muda dengan mudah

Aransemen lagu

Jago aransemen memang nggak mudah. Tapi kamu yang sudah bisa menguasai teknik dasar bermusik, bisa memulai untuk belajar mendalami teknik aransemen.

Kamu bisa terus berlatih dan bereksperimen dengan alat yang kamu bisa dan mulai berkreasi.

Pilih alat musik yang ingin dimainkan

Langkah pertama ini sangat penting ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang musisi. Pilihlah alat musik yang gampang kamu dapatkan, minimal mudah untuk dipinjam dari teman atau saudara, ataupun ada toko alat musik yang dengan mudah kamu bisa datangi atau pesan.

Jangan sekali-kali memilih instrumen yang namanya saja susah untuk disebutkan dan jarang ada yang bisa memainkannya, misal guzheng (kecapi 21 dawai dari China) atau didgeridoo,alat musik tiup dari suku Aborigin di Australia.

Kalau kamu kesulitan untuk mendapatkan alat musik seperti yang sudah disebut diatas, sebaiknya kamu memilih hobi atau pekerjaan lain saja.

Cari orang yang bisa mengajarkanmu

Langkah kedua adalah mencari orang lain yang mahir memainkan alat musik tersebut dan berada di sekitar kamu serta mau mengajarkanmu.  Setidaknya kalau tidak ada yang bersedia mengajarkanmu dengan gratis, ada sekolah atau kursus musik yang mau menerimamu menjadi muridnya.

Alternatif lain kamu bisa belajar sendiri dari video atau Youtube, tentunya setelah memiliki pelajaran dasar yang cukup. Metode belajar sendiri melalui video ini mempunyai banyak kelemahan karena komunikasi hanya satu arah saja. Kamu tidak akan pernah tahu apakah kamu sudah benar-benar bisa meniru apa yang diajarkan oleh video tersebut.

Harap diingat: belajar dari seorang guru akan membuat lebih cepat mahir dibandingkan belajar sendiri. Belajar dari sekolah musik yang terstruktur dan mempunyai kurikulum yang baik serta dikelola secara profesional akan membuat kamu bisa lebih cepat lagi mahir bermusik.

Attitude

Attitude di sini bisa dibilang adalah sikapmu dalam bermusik. Apakah kamu memiliki ketekunan dan kepercayaan diri dalam menampilkan musikmu.

Mulai pupuk kepercayaan diri sebagai pondasi dari langkahmu selanjutnya untuk jadi musisi.

Nggak pernah berhenti belajar, dan cari mentor terbaik buatmu

Setelah punya rasa percaya diri, langkah selanjutnya yang harus kamu tempuh adalah mencari orang-orang yang tepat untuk jadi mentor kamu dalam bermusik. Sehingga kamu bisa terus belajar.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu personel MLD Jazz Project Season 2, pemenang MLDare2Perform Season 2, Edwin Putro Mulyono yang tetap tekun belajar setelah ia terpilih sebagai pianis dalam ajang tersebut.

“Terus belajar. Karena misalnya saat jam session sama senior gitu, bukan ajang keren-kerenan. Pas latihan sama mereka juga kena marah, pokoknya dididik. Intinya belajar terus,” ujar cowok asli Semarang Jawa Tengah ini.