Ternyata Musik Memiliki Manfaat untuk Kesehatan
Music

Ternyata Musik Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Tak Hanya Menghibur, Ternyata Musik Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Ternyata Musik Memiliki Manfaat untuk Kesehatan – Pernah merasa ingin berjoget ketika mendengarkan lagu? Atau merasa sedih ketika mendengar alunan musik yang mendayu-dayu?

Hampir semua orang suka mendengarkan musik. Sebab musik diyakini bisa memberi kekuatan saat sedang terpuruk. Jenis musik yang beragam pun bisa membuat banyak orang terhibur karena dapat dinikmati dalam kondisi apapun. Tak hanya itu saja, musik juga kerap memberi ketenangan hati bagi sebagian orang yang mengalami putus cinta.

Nah, keberadaan musik ternyata tidak hanya menghibur saja seperti yang sudah dijelaskan, sebab musik juga bisa membawa manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia seperti di bawah ini. Baik untuk kesehatan mental maupun menjadi obat untuk beberapa penyakit.

Musik sangat baik untuk menjaga ingatan

Saat mendengarkan musik pasti kamu akan terbayangi dengan beberapa kejadian yang berkesan, kan? Hal itulah yang menunjukkan bahwa musik sangat baik untuk menjaga ingatan seseorang. Maka tak jarang terapi musik ini sering diterapkan pada penderita alzheimer agar bisa mengembalikan ingatannya.

Meningkatkan kesehatan jantung

Tak hanya sebagai obat hipertensi, musik juga bisa digunakan untuk meningkatakan kesehatan jantung. Hal yang sangat berpengaruh bagi jantung adalah kecepatan musik. Sebab penelitian menunjukkan bahwa tempo musik memengaruhi detak jantung. Saat kamu mendengarkan musik dengan tempo yang cepat maka detak jantungmu akan ikut menjadi cepat, dan juga sebaliknya. Sehingga kecepatan musiklah yang mempunyai peran yang besar terhadap jantung.

Terapi yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Emosional

Membantu pemulihan saat kemoterapi pada penderita kanker

Mendengarkan musik diyakini dapat mengurangi efek samping dari kemoterapi pada penderita kanker. Sebab, terapi musik ini bisa mengatasi kecemasan pada penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi. Tak hanya itu saja, terapi musik juga terbukti bisa mengurangi rasa mual karena efek dari kemoterapi tersebut.

Musik dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi

Mendengarkan musik dengan rutin sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi. Sebab ternyata musik bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Menurut para peneliti mendengarkan musik selama 30 menit secara teratur sangat baik untuk tubuh penderita hipertensi.

Musik bisa memberi semangat baru bagi orang yang mengalami depresi

Kamu sering merasa bahagia dan tenang saat memutar musik, bukan? Sebab ternyata musik bisa menghilangkan semua beban pikiran yang kamu alami. Nah, itulah yang menjadi alasan mengapa musik mudah merubah suasana hati seseorang. Ketika sedih lalu kamu memutar musik pasti hatimu akan terasa lebih bernyawa dan mendapat sebuah ketenangan. Hal itu yang membuat banyak psikolog meyakini bahwa terapi musik bisa memberikan semangat baru bagi orang yang mengalami depresi agar mereka bisa mendapat ketenangan hati.

Itulah manfaat musik yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Ternyata hal sederhana seperti mendengarkan musik bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Tak heran jika mendengarkan musik telah menjadi hobi banyak orang.