Tari Remo: Sejarah-Gerakan-hingga Keunikannya
Art

Tari Remo: Sejarah-Gerakan-hingga Keunikannya

Tari Remo: Sejarah-Gerakan-hingga Keunikannya

Tari Remo: Sejarah-Gerakan-hingga Keunikannya, – Suku yang berada di Indonesia mungkin ada ratusan suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dan pastinya Indonesia kaya akan beragam seni budaya.

Salah satu seni budaya itu adalah tari-tarian tradisional. Kali ini yang akan dibahas tarian dari Provinsi Jawa Timur bernama tari Remo. Tari Remo sering dikenal dengan beberapa nama di antaranya Remang, Ngrema, dan tari Ludruk.

Menurut Wahyudiyanto dalam disertasinya yang berjudul “urip dalam Tari Ngrema Surabayan : Konsep Teknik, Kinestetik, dan Bentuk Estetik” tarian ini merupakan seni pertunjukan khas Brang wetan. Wahyudiyanto yang juga pengajar di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta, Surabaya menjelaskan Brang Wetan berasal dari kata seberang wetan atau sebelah timur sungai Brantas.

Ini merupakan sebutan untuk wilayah budaya seni rakyat/etnik di Provinsi Jawa Timur yang tidak termasuk budaya seni Mataram, Arab, Cina, dan kesenian penduduk imigran lainnya di Jatim.

Dikutip dari laman http://dewitogel.live, Seni Brang Wetan meliputi wilayah Nganjuk, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Malang, bahkan sampai Probolinggo dan Lumajang. Tari Remo atau Ngrema tumbuh subur di pedesaan dan perkotaan pada beberapa wilayah kabupaten kota, di antaranya; Jombang, Mojokerto, Malang, Madura, terutama di Surabaya dan sekitarnya.

Uniknya, tarian ini diketahui memiliki latar belakang yang berbeda dari tarian daerah lainnya. Seperti apa?

Berikut fakta-fakta tari Remo:

Sejarah Tari Remo

Wahyudiyanto memaparkan dalam artikel “Karakteristik Ragam Gerak dan Tata Rias Busana Tari Ngremo Sebagai Wujud Presentasi Simbolis Sosio Kultural”, bahwa tari Remo mulai muncul pada 1920-an. Masa itu tari ini bersifat religius. Kemudian bergeser sebagai seni untuk menghibur masyarakat.

Pada perkembangan selanjutnya tari Remo berfungsi mengawali pertunjukan ludruk. Kemudian ketika Ludruk dan tari Ngremo bersentuhan dengan realitas politik masa pergerakan, tari Ngremo memantapkan diri menjadi tarian yang khas sebagai tari dengan tema keprajuritan.

Gerakan dan Properti Tari Remo

Menurut Wahyudiyanto, bentuk gerak dari tari Remo mempunyai pola-pola yang menggunakan tenaga yang banyak bertumpu pada kaki dengan variasi pada gerak tangan. Sedangkan gerakan tubuh relatif sedikit. Gerakan-gerakan tangan cenderung cepat, tegas dan patah-patah, tetapi terkendali oleh sikap tubuh bagian dada yang tegap dan tenang.

Keunikan Tari Remo

Tari Remo memiliki ciri khas, yakni gerakan kaki yang rancak serta dinamis. Gerakan ini bisa membuat para penonton terpukau karena adanya tambahan efek suara kerincing dari lonceng pada pergelangan kaki.

Selain itu, tari remo semakin atraktif dengan gerakan lempar selendang atau sampur, gelengan kepala, ekspresi wajah hingga permainan menggunakan kuda-kudaan.