Sosok Titiek Puspa, Artis Serba Bisa yang Pakai Alat Pacu Jantung
Artis Indonesia

Sosok Titiek Puspa, Artis Serba Bisa yang Pakai Alat Pacu Jantung

Sosok Titiek Puspa, Artis Serba Bisa yang Pakai Alat Pacu Jantung

Sosok Titiek Puspa, Artis Serba Bisa yang Pakai Alat Pacu Jantung – Penyanyi Titiek Puspa mengungkapkan hal mengejutkan kepada Deddy Corbuzier. Dia mengaku pakai alat pacu jantung.

Artis serba dapat itu mengungkapkan hal tersebut dalam channel YouTube Deddy Corbuzier, yang dirilis pada Minggu (19/4/2020). Bagi kaum milenial, mungkin belum terlalu mengenalnya.

1. Nama Asli

Titiek Puspa bernama asli Sudarwati. Dia lahir di Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan, 1 November 1937. Saat ini dia berumur 82 tahun.

2. Penyanyi Terkenal

Titiek merupakan penyanyi terkenal. Awal karier bernyanyinya dimulai di Semarang. Dia mengikuti kontes menyanyi Bintang Radio. Selain menyanyi, dia lagi menciptakan lagu.

3. Lagu Titiek Puspa

Lagu-lagu yang dinyanyikannya antara lain Di Sudut Bibirmu, Esok Malam Kau Kujelang, Indada Siririton, Si Hitam, Tinggalkan, Aku dan Asmara, Minah Gadis Dusun, Pantang Mundur, Kupu-kupu Malam, Bing, Gang Kelinci, Menabung, Bimbi, Apa-apanya Dong.

4. Bikin Operet

Selain menyanyi, Titiek menunjukan totalitasnya dalam menggarap beberapa operet di TVRI. Judul operetnya antara lain operet bawang Merah Bawang Putih, Ketupat Lebaran, Kartini Manusiawi Kartini, dan Ronce-ronce.

5. Pemain Movie

Titiek bukan hanya dikenal sebagai penyanyi. Dia merupakan seorang pemain Movie antara lain Ini Kisah Tiga Dara, Inem Pelayan Horny, Minah Gadis Dusun, Bing Slamet Setan Djalanan.

Dia lagi memperoleh Nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Competition Movie Indonesia 2016 lewat movie Ini Kisah Tiga Dara.

6. Penghargaan

Penghargaan telah banyak diraihnya. Titiek menerima antara lain
BASF Award ke-10 untuk kategori “Pengabdian Panjang di Dunia Musik”. Selain itu Titiek memperoleh penghargaan Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2018: Pengabdian Seumur Hidup (2018).

7. Awet Muda

Usianya kini telah 82 tahun. Namun wajahnya masih terlihat awet muda. Dalam buku ‘Titiek Puspa, A Legendary of Diva’ karya Alberthiene Endah, Titiek Puspa menyebut suaminya tiga orang. Suami pertamanya, Kasno. Mereka menikah pada tahun 1957 dan bercerai pada tahun 1957.

Kemudian Titiek menikah dengan Zainal Ardi pada tahun 1960. Zainal merupakan seorang penyiar radio dan keduanya pun bercerai pada 1963. Kemudian dia menikah lagi dengan pencipta lagu, Mus Alim. Mus Alim meninggal pada 1 Januari 1990. Dari pernikahan itu, Titiek memiliki dua anak bernama Petty Tunjungsari Murdago dan Ella Puspasari Kamarullah.

8. Sempat Divonis Kanker

Titiek pernah divonis kanker saat usianya 73 tahun. Dia mengidap kanker stadium 3. Hal ini dia sampaikan dalam channel YouTube Deddy Corbuzier:’Kalau Tuhan Mau Ambil Saya, Silahkan (Titiek Puspa Unique)’.

Karena sakitnya itu, dia berobat ke Singapura. Dia sempat pasrah saat divonis kanker. Dia merasa sangat kesakitan dan sakitnya melebihi 100 kali melahirkan. Lalu dia menemukan cara untuk sembuh, yaitu lewat meditasi di Indonesia.

9. Dipasang Alat Pacu Jantung

Titiek Puspa lagi memberikan pengakuan mengejutkan lagi. Dia dipasang alat pacu jantung.

Hal ini karena dia sempat terkena serangan jantung satu tahun belakangan. Dia memilih Daftar WM Casino tidak melakukan operasi melainkan dengan dipasangi alat pacu jantung. Dia pun hingga kini tetap menerima tawaran mengisi acara seperti bernyanyi dan tampil pada acara discuss present.