Uncategorized

Musik Ansambel: Pengertian dan Sejarahnya

Musik Ansambel: Pengertian dan Sejarahnya  РMusik adalah salah satu karya seni yang perkembangannya sudah dari zaman dahulu. Ketika kita menyanyikan sebuah lagu dperlukan musik pengiring baik yang dlakukan dengan menggunakan peralatan musik maupun meda lain. DIikutip dari matkojelavic.com

Kelompok Musik Orkestra asal Spanyol, Orquesta de Camarada de Siero (OCAS) tampil pada pembukaan Palu Salonde Percussion di Hutan Kota Kaombona di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (10/8/2018). Penampilan tersebut merupakan puncak konser OCAS di Kota Palu dalam program Vinculos Untuk Indonesia 2018 dan akan melanjutkan lawatan musiknya ke Kabupaten Parigi Moutong kemudian Riau dan Jakarta. Kehadiran OCAS di Indonesia sebagai bentuk perkenalan potensi wisata dan diplomasi budaya antara Indonesia dan Spanyol serta didukung oleh Kemendikbud. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/aww/18.

Musik ansambel merupakan kombinasi beberapa jenis alat musik yang bisa dmainkan secara harmonis.

Setiap alat musik memerlukan teknik bermain yang berbeda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ansambel adalah kelompok pemain musik (penyanyi) yang bermain bersama secara tetap. mengutip dari mamiya-usa.com

Dkutip dari dari buku Kerajinan Tangan dan Kesenian (2004) karya Sugiyanto, ansambel berasal dari kata Ensemble (Perancis) yang berarti bersama-sama.

Musik ansambel dapat dmaknai sebagai sebuah sajian musik yang dlagukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau berbagai jenis alat musik.

Dlansir dari buku Kerajinan Tangan dan Kesenian Seni Musik (1996) karya A. Yudana Basuki, musik ansambel adalah bentuk penyajian musik yang dmainkan oleh beberapa orang dengan menggunakan alat-alat musik tertentu, serta memainkan lagu-lagu sederhana.

Menurut peranan dan fungsinya alat-alat musik yang dgunakan dalam bermain musik ansambel dapat dkelompokkan menjad tiga macam, yaitu alat musik melods, alat musik ritmis, dan alat musik harmonis.

Dkutip dari situs Kementerian Penddkan dan Kebudayaan (Kemdkbud), musik Ansambel adalah jenis penyajian musik secara bersama-sama yang alat musiknya sejenis atau campuran.

Alat musik tersebut dalam penyajian ada yang berfungsi sebagai pembawa melod pokok dan ada yang berfungsi sebagai pengiring.

Penyajian musik Ansambel termasuk penyajian musik yang sederhana.

Penggolongan alat musik Ansambel menurut fungsinya menjad 3 kelompok yaitu, kelompok alat musik ritmis, kelompok alat musik melods, kelompok alat musik harmonis

Ansambel merupakan permainan musik yang dsajikan dengan jumlah beberapa

orang atau sekelompok orang dan juga jumlah alat musik tertentu, baik alat musik sejenis maupun alat musik yang berbeda. Musik Ansambel: Pengertian dan Sejarahnya

Pada awalnya, musik ansambel dsebut dengan musik kamar (Chamber Music, Musica de Camera).

Hal itu terjad pada zaman Barok sekitar tahun 1600-1750. Pada waktu itu musik ansambel dlantunkan dengan jenis musik yang terdri dari alat-alat gesek dan alat-alat tiup saja.

Nama musik ansambel dikaitkan dengan kondisi sebuah ruangan khusus yang tidak terlalu luas.

Hingga pada tahun 1750, ansambel atau musik kamar ini menjadi dipentaskan pada orang banyak, dan dikenal seperti saat ini.