Mengenang Kurt Cobain Setelah 26 Tahun Meninggal
Musik Internasional

Mengenang Kurt Cobain Setelah 26 Tahun Meninggal

Mengenang Ikon musik rock modern Kurt Cobain yang sudah meninggal 26 tahun yang lalu. Meninggalnya Cobain akibat bunuh diri pada 5 April 1994. Dimana jasadnya ditemukan dalam rumahnya di Seattle, Washington, tiga hari kemudian oleh Gary Smith, seorang tukang listrik di wilayah itu.

Kurt Cobain merupakan vokalis dari Nirvana, band rock yang dibentuk pada 1987 dan di tahun 1991, Nirvana menandatangani kontrak dengan label besar Geffen Records dan merilis album kedua mereka Nevermind yang selanjutnya, memberi mereka label “grunge”.

Salah satu lagu dari album itu “Smells Like Teen Spirit” menjadi hit terbesar Nirvana dan mendorong album mereka memuncaki tangga musik pada masanya.

Fakta Kurt Cobain Yang Perlu Anda Ketahui

Penulis musik berbakat

Cobain juga dikenal sebagai penulis musik berbakat di zamannya. Sebagai seseorang yang membangun karya seninya di atas sentimen anti kemapanan, Cobain mulai merasa bahwa ia kehilangan kendali atas masa depannya.

Bersama Nirvana, Cobain merilis album In Utero pada 1993 dan kembali melambungkan nama band itu.

Salah satu lagunya berjudul Radio Friendly Unit Shifter mencerminkan kemarahan Cobain atas industri rekaman saat itu.

Dilihat juga : Virus Corona Buat Luna Maya Sulit Bayar Cicilan

Pada musim gugur 1993, Cobain dan Nirvana tampil untuk MTV’s Unplugged di New York City serta melakukan tur keliling Eropa.

Di sela-sela turnya, Cobain menghabiskan waktu bersama istrinya Courtney Love dan putrinya Frances di Roma, Italia.

Namun, ia mengalami koma setelah minum obat-obatan terlarang dan segera dibawa ke rumah sakit. Ketika kembali ke Amerika, kondisi psikologis Cobain memburuk.

Hingga akhirnya pada 18 Maret 1994, Courtney menelepon pihak berwenang karena Cobain telah minum obat dan mengunci dirinya di lemari dengan senjata.

Setelah peristiwa itu, Courtney memintanya untuk berhenti menggunakan obat-obatan dan membawanya ke klinik rehabilitasi di Los Angeles.

Bunuh diri

Pada 5 April 1994, Cobain melakukan aksi bunuh diri dengan menempatkan senapan ke mulutnya dan menembakkannya.

Ia meninggalkan pesan bunuh diri yang panjang untuk banyak penggemarnya serta istri dan anak perempuannya.

Terlepas dari indikasi bunuh diri, beberapa pihak meragukan dugaan tersebut dan mencurigai istrinya berada di balik kematian vokalis Nirvana itu.

Dikutip dari History, setidaknya dua buku menyatakan secara terbuka bahwa Cobain bunuh diri dan menuduh Courtney teleh membunuh suaminya.

Salah satu dari buku itu ditulis oleh ayah Courtney dan sebuah film dokumenter yang dirilis secara nasional dengan judul Kurt & Courtney.

Kendati demikian, polisi telah menyimpulkan bahwa kematian Cobain diakibatkan oleh bunuh diri.

Sumber : kompas.com