Mengenal Band Indie dan Sejarah Perkembangannya
Musik Indie

Mengenal Band Indie dan Sejarah Perkembangannya

Mengenal Band Indie dan Sejarah Perkembangannya

Mengenal Band Indie dan Sejarah Perkembangannya,- Buat kamu yang ngaku suka Payung Teduh atau ngaku anaknya indie banget, sebenernya udah tau belum sih apa itu musik indie? apa cuma ikut-ikutan yang lagi rame aja gara-gara nama musik indie mulai naik.

Hehehe. Jangan sampe deh kamu malah dikira anak jamanan yang cuma bisanya ikut-ikutan tapi gangerti maksudnya apa. Mending baca ini dulu deh Sabung Ayam Online, biar nambah pengetahuan kamu dikit.

Apa Itu Musik Indie?

Pertama dari semua kalo kamu nganggep indie termasuk suatu genre atau aliran musik, kamu salah besar. Indie merupakan sebutan untuk band-band yang bebas, ga terikat, dan bergerak sendiri sesuai dengan arti kata “independent” itu sendiri.

Maksud dari bebas, ga terikat, dan bergerak sendiri itu berarti band-band indie bebas ga kayak band populer atau band di arus utama yang terikat sama label rekaman, dari mulai pemilihan rekaman lagu sampe promosi lagu itu sendiri. Makanya kan banyak band indie itu lagunya kadang beda banget dari lirik sampe musiknya sama lagu-lagu hits yang lagi naik di pasaran.

BACA JUGA: 13 Band Indie Indonesia Yang Malah Lebih Berprestasi Di Mancanegara

Perbedaan mencolok antara band indie dan band populer/mainstream?
Pertama, dari segi pemasarannya untuk band populer/mainstream semua dipasarkan oleh label rekaman mereka sendiri mulai dari media cetak sampe media elektronik, sehingga nama band tersebut terekspos dan banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya.

Kedua untuk masalah promosi video klip dan tour juga biasanya band-band populer/mainstream ini udah diatur semua sama label rekamannya. Berbeda dengan band indie yang semuanya diatur sendiri.

Mulai populer sejak tahun 80an
Pada era tahun 1980an, tangga lagu untuk musik indie mulai diperkenalkan. Banyak band indie yang bermunculan, seperti The Smith dan Joy Division. Lanjut ke era 90an, Nirvana dan Radiohead yang juga merupakan band dengan label indie mulai menyebarkan virus indie ke berbagai belahan dunia dengan musik-musik mereka yang unik namun enak didengarkan.

Selain itu, Radiohead juga sempat menggegerkan belantika musik dengan merilis album indie dengan sistem pay-what-you-like dimana para pembeli bisa bebas membayar berapapun untuk membeli album mereka.

Musik indie di Indonesia
Di Indonesia sendiri, pengaruh indie belum terasa hinga pada pertengahan tahun 1990an. Namun, sebelum mengenal istilah indie, masyarakat Indonesia lebih mengenal istilah underground. Berbeda dengan indie, musik underground cenderung keras.

Pas Band merupakan band yang memulai tradisi merilis album secara Indie. Mereka pun sukses menjual album mereka sebanyak 5.000 kopi. Karena keberhasilan Pas Band, akhirnya banyak band metal dan rock yang mengikuti jejak mereka.

Pure Saturday adalah band indie pertama selain metal yang membuat album rekamannya sendiri pada tahun 1995. Disusul oleh Mocca yang berhasil menjual album mereka hingga menembus angka di atas 100.000 kopi. Keberhasilan Mocca kemudian membawa dampak pada band-band Indie di Indonesia hingga sekarang.

BACA JUGA: 9 Penyanyi Indie Internasional Yang Harus Kamu Dengerin Lagunya!

Nah, itu tadi merupakan pengertian dan sejarah singkat mengenai band Indie. Buat kamu yang punya band, ini saatnya kamu berkarya dengan menciptakan lagu kamu sendiri dan memasarkannya lewat jalur indie. Selama lagu kamu bagus, band kamu akan diterima di pasaran.