Killchestra Metal Orkestra Oleh Burgerkill
Musik Dalam Negeri

Killchestra: Metal Orkestra Oleh Burgerkill Sudah Bisa Menemani Masa Karantinamu

Killchestra: Metal Orkestra Oleh Burgerkill Sudah Bisa Menemani Masa Karantinamu

Burgerkill, – Pasukan metal “powerhouse” asal Bandung, Burgerkill akhirnya merilis mini album alias EP bertajuk Killchestra pada Minggu (19/4/2020).

Album ini diluncurkan terbatas hanya 300 kopi Boxset Vinyl + CD dan Gatefold Vinyl saja. Tak hanya dirilis dalam format fisik, EP ini juga dirilis melalui sejumlah plaform musik digital.

“Yes brads, today is the day! Selamat menikmati mini album terbaru kami ‘Killchestra’ di semua platform digital favorit kalian,” tulis Burgerkill dalam laman Instagramnya.

Killchestra

‘Killchestra’ secara khusus dipersembahkan untuk memperingati ulang tahun ke-42 mendiang eks-vokalis Burgerkill, Ivan ‘Scumbag’.

“Sebuah album spesial yang kami dedikasikan untuk sahabat kami Ivan ‘Scumbag’ Firmansyah yang berulang tahun hari ini,” lanjut Burgerkill.

Burgerkill yang dihuni Eben dan Agung (gitar), Vicky (vokal), Ramdan (bass), dan Putra (dram) ini menyuguhkan 6 lagu pilihan mereka yang direkam, yakni ‘Anjing Tanah’, ‘Penjara Batin’, ‘An Elegy’, ‘Only The Strong’, ‘Angkuh’ dan ‘Tiga Titik Hitam’.

Ivan 'Scumbag' Firmansyah, salah satu vokalis terbaik yang dimiliki negeri ini.

Dalam album tersebut Burgerkill berkolaborasi dengan Czech Symphony Orchestra, grup orkestra dari Praha, Republik Ceko pada awal Maret 2018 lalu. Sedangkan aransemen musik dalam album tersebut dipercayakan kepada Alvin Witarsa.

“Ini adalah salah satu album tereklektik yang pernah kami kerjakan dengan ide vital yang luas dan hal baru dalam aransemen musik kami,” tulis band yang pernah masuk dalam jajaran band metal terbaik dunia sepanjang masa versi Majalah Metal Hammer UK ini.

EP ini merupakan lanjutan dari mimpi Burgerkill yang telah terwujud saat menggelar konser orkestra dengan tajuk sama, Killchestra, konser yang diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Bandung, Minggu 15 April 2018 lalu. Konser megah yang mengawinkan metal dan orkestra ini sekaligus memperingati ulang tahun ke-23 Burgerkill saat itu.

Untuk pemesanan CD dan Vinyl masih dapat dilakukan melalui laman Chronic Rock Daftar IDN Poker 88.

“Semoga album ini bisa menemani kalian semua di masa pandemi Covid-19 ini. Stay safe and stay home brads, thank you for listening!” pungkas mereka.

Sebelum Killchestra, Burgerkill telah merilis lima album full length, yakni Dua Sisi (1998), Berkarat (2003), Beyond Coma and Despair (2006), Venomous (2011), dan Adamantine (2018).

Untuk mendukung perilisan EP Killchestra, Burgerkill melepas video klip ‘An Elegy’. Dalam video ini kita dipertontonkan proses rekaman lagu tersebut ketika berada di Český Rozhlas, Praha pada bulan Maret 2018 lalu.

Diawali dari cuplikan perjalanan para personil menuju studio, dilanjutkan dengan persiapan, baik dari para personil juga dari tim Czech Symphony Orchestra dengan instrumennya masing-masing, serta koordinasi dari Alvin Witarsa sebagai komposer.

Yuda Ardianto, Anggra Bagja dan Gogeng sebagai tim dokumentasi menangkap momen demi momen se-detail mungkin guna menghasilkan satu penggambaran utuh mengenai proses kolaborasi antara musik metal dari Burgerkill dan orkestra yang menjadi terobosan besar di kancah musik Indonesia.

Yuda Ardianto juga turun di bagian editing, namun proses ini juga melibatkan kerja dari Aditya Muklis. Video klip berdurasi hampir enam menit ini disutradarai langsung oleh sang gitaris, Eben.

Selamat menonton dan menikmati seluruh lagu dari Killchestra, Begundal dan semua metalhead Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *