Bill Withers, Pelantun Lagu Ain't No Sunshine, Meninggal Dunia
Musik Internasional

Bill Withers, Pelantun Lagu Ain’t No Sunshine, Meninggal Dunia

Bill Withers, Pelantun Lagu Ain’t No Sunshine, Meninggal Dunia

Bill Withers, Pelantun Lagu Ain’t No Sunshine, Meninggal Dunia,- Bill Withers, pelantun lagu hits ” Lean on Me” dan ” Ain’t No Sunshine“, meninggal dunia karena komplikasi jantung, Senin (30/3/2020).

Keluarga pencipta serangkaian lagu penuh perasaan pada era 1970-an itu mengumumkan kabar duka tersebut melalui sebuah pernyataan kepada The Associated Press, Sabtu (4/4/2020).

Pemenang Grammy Award tiga kali yang mengundurkan diri dari musik pada pertengahan 1980-an tersebut, wafat dalam usia 81 tahun di Los Angeles, AS. Kabar kematiannya datang ketika publik mendapatkan inspirasi dari musiknya selama pandemi virus corona.

Baca juga: Meninggal karena Corona, Aktor Star Wars Tak Bisa Lihat Istri di Saat Terakhirnya

Dari petugas kesehatan, paduan suara, hingga artis mengunggah lagu “Lean on Me” versi mereka untuk membantu melewati masa-masa sulit Aplikasi Indopoker 88.

“Kami sangat terpukul kehilangan suami dan ayah kami yang terkasih. Seorang pria yang terhubung ke dunia dengan puisi dan musiknya, ia berbicara dengan jujur kepada orang-orang dan menghubungkan mereka satu sama lain,” bunyi pernyataan keluarga Withers.

“Musiknya selamanya milik dunia. Dalam masa yang sulit ini, kami berdoa musiknya menawarkan kenyamanan dan hiburan saat para penggemar berpegang erat pada orang yang dicintai,” tambah mereka.

Lagu-lagu Withers selama kariernya yang singkat telah menjadi soundtrack acara pertunangan, pernikahan, dan berbagai pesta.

Tembang ciptaannya memiliki melodi yang kuat dan lekukan sempurna, menyatu dengan suara lembut Withers yang menyampaikan kejujuran dan emosi yang kompleks tanpa akrobat vokal. “Ain’t No Sunshine” dan “Lean on Me” masuk dalam daftar 500 Lagu Terbesar Sepanjang Masa versi Rolling Stone.

Baca juga: Pianis Ellis Marsalis Meninggal Dunia Setelah Positif Covid-19

Withers, yang mengatasi kegagapan masa kecilnya, dilahirkan sebagai anak bungsu dari enam bersaudara di kota tambang batubara Slab Fork, Virginia Barat.

Setelah orangtuanya bercerai ketika dia berusia 3 tahun, Withers dibesarkan oleh keluarga ibunya di Beckley. Dia bergabung dengan Angkatan Laut pada usia 17 dan menghabiskan sembilan tahun dalam pelayanan sebagai montir pesawat.

Setelah keluar, ia pindah ke Los Angeles, bekerja di pabrik suku cadang pesawat, membeli gitar di pegadaian dan merekam demo lagu-lagunya dengan harapan mendapatkan kontrak rekaman.

Pada 1971, Withers masuk ke Sussex Records, ia mengeluarkan album pertamanya, Just as I Am, bersama Booker T Jones yang legendaris.

Album itu memiliki hits “Grandma’s Hand” dan “Ain’t No Sunshine”, yang terinspirasi dari film Days of Wine and Roses.

“Ain’t No Sunshine” awalnya dirilis sebagai B-side dari single debutnya, “Harlem”. Namun, radio DJ membalikkan disk dan lagu itu naik ke nomor 3 di tangga lagu Billboard dan menghabiskan total 16 minggu dalam 40 besar.

Withers melanjutkan untuk menghasilkan lebih banyak hits setahun kemudian, yakni “Lean on Me”, “Who Is He (dan What Is He to You)”, dan “Use Me” dalam album keduanya, Still Bill.