Beberapa olahraga yang dapat membuat tumbuh tinggi
Olahraga

Beberapa olahraga yang dapat membuat tumbuh tinggi

Olahraga membantu perkembangan tubuh

Beberapa olahraga yang dapat membuat tumbuh tinggi – Ada beberapa faktor yang menjadi penentu tinggi badan seseorang, tetapi faktor utama adalah genetik. Faktor genetik memegang peran sekitar 60 hingga 80 persen dalam menentukan tinggi badan seseorang. Selain itu, tinggi badan juga oleh asupan nutrisi alias jenis makanan yang dikonsumsi dan olahraga yang dilakukan. Lantas, apa saja olahraga yang bisa dilakukan agar tubuh bisa lebih tinggi?

Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, rutin berolahraga ternyata juga bisa membantu menambah tinggi badan seseorang.

Beberapa olahraga yang dapat membuat tumbuh tinggi

Basket

Permainan bola basket membuat Anda berlari dan melompat. Ketika tubuh Anda berlari dan melompat secara konstan, lempeng pertumbuhan Anda akan mengalami serangkaian guncangan. Hal ini dapat menyebabkan banyaknya aliran darah ke dalam lempeng tersebut yang membantu merangsang pertumbuhan hingga mencapai tinggi maksimal.

Saat bermain basket, seorang atlet harus melompat sepanjang waktu untuk slam dunk, melempar bola, serta mengambil bola dari lawan. Loncatan konstan ini membuat tubuh Anda “terbang” secara vertikal di udara dengan melawan gravitasi dan mengakibatkan peregangan otot, dan ketika menyentuh tanah, tubuh akan mengalami kontraksi. Hal inilah yang menyebabkan otot dan tulang tumbuh lebih tinggi.

Sepak Bola

Selain basket, bermain sepak bola juga merupakan salah satu olahraga mempercepat tinggi badan secara alami. Sepak bola membutuhkan banyak berlari yang sangat penting untuk menambah tinggi badan. Ketika berlari, kamu meregangkan otot lutut dan paha yang membantu untuk mencapai tubuh yang tinggi.

Bermain sepakbola juga membutuhkan banyak melompat saat menyundul bola dan gerakan ke samping untuk menggiring bola dan menghindari lawan. Seluruh kegiatan ini membantu lempeng pertumbuhan menerima darah yang kaya akan oksigen dan hormon pertumbuhan.

Berenang

Olahraga mempercepat tinggi badan selanjutnya adalah berenang. Sama dengan basket, hal ini mungkin juga sudah umum diketahui oleh masyarakat. Berenang dapat membantu untuk memperkuat tulang belakang tubuh dan membantu kamu untuk mencapai postur tubuh yang baik.

Ketika berenang, seluruh otot tubuh kamu akan bergerak. Selain itu, kamu akan mengambang secara horizontal di air. Bergerak di dalam air membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan bergerak di udara, dan dengan bergerak secara horizontal kamu telah melawan gravitasi. Ini berarti dada dan tubuh bagian atas secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas.

Oleh karena itulah kebanyakan perenang di seluruh dunia memiliki tubuh yang ramping dan tinggi.

Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang disukai hampir seluruh orang. Tidak hanya membantu meningkatkan stamina Anda, bersepeda juga membuat Anda lebih tinggi. Ketika Anda bersepeda, tubuh bagian bawah Anda dikenakan tugas yang berat, sehingga hal ini dapat meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan.

Bersepeda juga akan membuat paru-paru Anda bekerja keras untuk memasok darah yang kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh Anda. Hal ini juga dapat membantu memperkuat tubuh bagian atas dan membantu dalam pertumbuhan.