Aplikasi Streaming Musik Alternatif Spotify cuntuk Android
Music

Aplikasi Streaming Musik Alternatif Spotify Terbaik untuk Android

Aplikasi Streaming Musik Alternatif Spotify Terbaik untuk Android

Aplikasi Streaming Musik Alternatif Spotify Terbaik untuk Android – Industri musik selalu berubah dari tahun ke tahun. Sementara distribusi musik digital masih cukup populer, seperti saat ini banyak pengguna yang lebih memilih untuk streaming musik. Di ranah ini, Spotify menjadi layanan streaming yang paling maju dan terbesar, dengan jutaan pengguna di seluruh dunia.

Namun tidak jauh berbeda dari Spotify, beberapa di antaranya merupakan layanan berbasis langganan. Berikut ulasannya.

1. Google Play Music 

Google Play Music merupakan salah satu alternatif Spotify terbaik, terlebih karena ini datang sebagai aplikasi bawaan di Android. Ini menawarkan lebih dari 35 juta lagu dan memberikan kesempatan pengguna untuk meng-upload hingga 50 ribu lagu dari library mereka.

Selain itu, ini juga memiliki bagian khusus untuk mendengarkan podcast. Untuk memberikan layanan terbaik, ini mempelajari preferensi pengguna, untuk kemudian memberikan rekomendasi lagu berdasarkan kebiasaan. Ini memiliki UI yang simpel dan gratis tanpa biaya berlangganan sepeser pun.

2. Amazon Music 

Berawal dari layanan distribusi lagu digital, Amazon Music kini beralih ke layanan streaming lagu seperti Spotify. Ini dibekali dengan katalog lagu yang sangat lengkap, namun perlu berlangganan Amazon Prime untuk bisa menikmati fiturnya secara penuh. Fitur-fitur yang dimaksud seperti bebas iklan, skip unlimiteddownload lagu dan kontrol playback via Alexa.

Sayangnya, meski selalu up-to-date dalam menyediakan lagu, Amazon Music memiliki satu kelemahan yaitu UI. Tampilan user-interface aplikasi ini cenderung usang, seperti aplikasi resmi Amazon.

3. Pandora 

Meski sudah tua, Pandora tetap menjadi salah satu layanan streaming terbaik saat ini. Pandora telah ada di industri musik sejak tahun 2002, memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif dan bisa dibilang merupakan pelopor layanan streaming musik.

Aplikasi ini memiliki library musik yang sangat lengkap dan sistem rekomendasi yang memuaskan. Mode gratisnya membatasi pengguna untuk skip lagu dan memiliki beberapa iklan. Namun jika ingin menghilangkan itu dan mendapatkan fitur penuhnya, pengguna harus berlangganan yang namanya Pandora Plus.

4. Deezer 

Deezer dikenal sebagai salah satu layanan streaming musik terpopuler, dengan lebih dari 53 juta koleksi lagu, 30,000 channel radio, podcast dan banyak lagi. Sama seperti layanan lain, Deezer juga memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu hingga membuat playlist khusus berdasarkan lagu favorit.

Salah satu bagian paling menarik dari Deezer datang dari soundtrack khusus bernama Flow. Ini berisi lagu-lagu pilihan berdasarkan kebiasaan pengguna, yang tidak hanya menawarkan lagu favorit saja, namun juga rekomendasi musisi-musisi baru yang mungkin pengguna suka.

5. Tidal Music 

Tidal merupakan layanan streaming lagu berbayar yang dimiliki oleh rapper terkenal, Jay Z. Ini mengombinasikan audio lossless dengan video klip musik HiFi (High Fidelity) yang telah dikurasi oleh editor.

Tidal sendiri berusaha sebisa mungkin untuk memberikan lagu berkualitas, dengan lebih dari 50 juta lagu dan 130 ribu video klip musik. Menariknya lagi, layanan yang sejauh ini memiliki 3 juta subscriber ini, dilengkapi dengan Tidal X – yang memberikan kesempatan bagi pendengar atau penggemar untuk bisa lebih dekat dengan musisi favorit mereka.