5 Dialek ke Korea Selatan
Artis Korea Selatan

5 Dialek ke Korea Selatan

5 Dialek ke Korea Selatan

 

5 Dialek ke Korea Selatan Korea Selatan mempunyai enam dialek, dan masing-masing memiliki perbedaan. Dialek yang umumnya kamu dengar di drama hingga acara televisi Korea, merupakan dialek Gyeonggi.

Menurut matkojelavic.com Dialek Gyeonggi menggangap sebagai dialek nasional, karena hampir seluruh masyarakat Korea Selatan mengetahuinya meski berasal dari daerah yang berbeda. Pengguna dialek ini umumnya bertempat tinggal di Seoul dan Incheon.

Dialek Gangwon

Chungcheong terbagi menjadi dua provinsi yakni Chungcheong Utara dan Chungcheong Selatan. Kendati telah terbagi secara wilayah administrasi, kedunya menggunakan Chungcheong.

Ciri khas dari dialek Chungcheong yakni bila diakhir kalimat menggunakan konsonan (ㅐ) atau (ㅔ), diubah menjadi konsonan (ㅑ). Selain itu, jika bagian akhir kalimat menggunakan (야), ganti menjadi konsonan ( 여).

Berikut ini, ciri khas dari dialek Gyeongsan:

Konsonan yang mengalami perubahan pada kalimat: 으 menjadi 어, ㅚ menjadi ㅐ, 그 menjadi 거, ㅟ menjadiㅣ, dan 의 menjadi 에.
Kalimatnya berubah jadi lebih singkat, contoh: 가 버려라 (ga beoryeora) menjadi 가뿌라 (gappura), yang artinya adalah ‘pergi’.

Jika di bagian akhir kalimat terdapat konsonan ( ~다 ), mengubah menjadi ( ~데이). Contoh: 내가 왔다 (naega watda) menjadi 내가 왔데이 (naega watdei), yang artinya adalah ‘saya di sini’.

kalimat tanya yang diakhiri dengan ~니 , pada dialek Gyeongsan                   diubah menjadi ~나, ~노, ~고, atau ~가. Contoh: 비 오니? (bi oni?) menjadi 비 오나? (bi ona?), yang artinya ‘hujan’

Dialek Gyeongsan

Ulsan, Busan, dan Daegu, kota besar di Korea Selatan yang penduduknya menggunakan dialek Gyeongsan dalam keseharian. Dialek Gyeongsan lebih simple, ketimbang lainnya.

Dialek Jeolla

Jeolla merupakan provinsi yang masih kental tradisi dan budaya. Sebab itu, dialek Jeolla masih sangat khas serta terdengar daerah sekali. Ciri khas dialek Jeolla yaitu tidak mengganti konsonan di akhir kalimat. Justru pada kalimat akhir pada dialek Jeolla terdapat tambahan konsonan ~잉, ~부러, ~ 쟤, dan seterusnya.

Tak sekadar berucap, masyarakat Korea khususnya yang berkomunikasi dengan dialek Jeolla melakukan percakapan lebih ekspresi. Terakhir, dialek Jeolla senang mengulang kata benda