Music

Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik dan Seberapa Sering

Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik dan Seberapa Sering Mendengarkan

Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik dan Seberapa Sering Mendengarkan– Pernah merasa tenang ketika mendengar musik-musik instrumental. Namun banyak sekali ala-ala toko buku Itu adalah salah satu contoh dampak musik.  Terhadap kesehatan mental kamu masih banyak manfaat-manfaat lain. Dari musik yang sangat baik efeknya untuk selalu mendengarkan saat lagi dalam kesunyiian atau ketenangan.

Image result for Manfaat Kesehatan Mendengarkan Musik dan Seberapa Sering

Menjadi mood booster

Ketika kamu sedang butuh dorongan semangat dalam beraktivitas. Cobalah dengarkan musik favorit kamu dengan volume tinggi selama 10 menit. Ini akan memicu semangat emosional karena otak akan melepaskan ketengan dalam pikiran kita. Neurotransmitter yang mengarah pada peningkatan perasaan bahagia yang selalu kita alami setiap saat.

Mengurangi stres

Kalau kamu sedang mengalami stres, cobalah untuk berbaring dan ambil earphone kamu. Putarlah musik instrumental jazz yang menenangkan, lalu bayangkan kamu sedang tiduran. Pada atas perahu dengan pemandangan sekeliling yang hijau dan indah. Tarik napas sedalam mungkin dan embuskan lewat mulut secara perlahan.

Menguatkan memori

Melansir dari http://thecomixverse.com/  penelitian telah menunjukkan bahwa elemen berulang dari irama dan melodi membantu otak membentuk pola yang meningkatkan daya ingat. Mengkutip dari  dalam sebuah studi, mendengarkan musik membantu penderita stroke meningkatkan memori verbal, mengurangi kebingungan, dan perhatian menjadi semakin fokus.

Meningkatkan IQ dan kemampuan akademis

Terdapat sebuah penelitian menunjukkan musik bisa meningkatkan kinerja akademis dan nilai IQ yang tinggi pada anak-anak.Dalam bidang studi ini menyurvei sekelompok anak berusia 6 tahun yang mengambil pelajaran keyboard atau vokal dalam kelompok kecil selama 36 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka memiliki peningkatan IQ yang lebih besar daripada anak-anak yang mengambil kegiatan ekstrakurikuler lain yang tidak terkait dengan musik.

Memperbaiki kualitas tidur

Banyak orang yang menderita insomnia atau gangguan susah tidur lainnya. Hal ini bisa menjadi masalah serius jika kekurangan tidur. Namun dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik atau santai dalam waktu satu jam sebelum tidur secara signifikan bisa meningkatkan kualitas tidur.