Mengenal Band Indie dan Sejarah Perkembangannya
Artis Artis Indonesia Music Musik Dalam Negeri Tips Bermusik Uncategorized

Apasih Indie Itu?

apasih Indie Itu? – akhir akhir ini, banyak band indie di Indonesia yang makin berkembang. Semakin easy listening dan semakin kreatifnya musik yang tawarkan memberikan dampak besar kepada band band tersebut untuk lebih menjamah masyarakat mainstream.

Tapi masalahnya, banyak yang salah memahami dunia indie, dengan menganggapnya sebagai genre, atau bahkan fashion style. Nah sebenarnya, apasih arti indie itu sendiri?

Apasih Indie Itu?

mengutip dari https://mamiya-usa.com/ Indie adalah singkatan dari kata independent, yaitu sifat sifat yang ‘mandiri’, ‘bebas’, ‘merdeka’.

Dalam dunia musik, indie berarti melakukan Do-It-Yourself approach saat melakukan rekaman dan publishing. Dan tak jarang, musisi indie mendirikian label mereka sendiri untuk melakukan rekaman dan publishing tersebut. Dalam publishing atau perilisan itu, musisi indie biasanya menyebarkan hasil karya mereka kepada kerabat merekaApasih Indie Itu?, dan ada juga yang melakukan konser-konser sederhana di kota-kota besar

mengutip dari http://matkojelavic.com Hal tersebut menjelaskan bahwa memang musisi indie bergerak untuk promosi secara mandiri tanpa bantuan dari label rekaman besar (major label).

Indie awalnya

juga dgunakan untuk membedakan antara musisi independen dan Apasih Indie Itu? musisi lain yang terikat label-label besar.Apasih Indie Itu? Hal itu berdasarkan fakta bahwa mereka berada pada label rekaman independen, yang tentu saja lebih bebas dan ekspresif karena tidak ada yang membatasi mereka dalam membuat suatu karya. Apasih Indie Itu? Jadi, dapat dartikan bahwa indie merupakan jalan bagi para pegiat seni yang lebih memilih untuk berkarya secara bebas dan independen.

Karena itu, penggunaan kata indie sendiri meluas nggak cuma dalam bidang musik aja, tapi juga ke bidang lain seperti buku. Sama seperti musik, buku indie merujuk pada buku yang tidak dterbitkan oleh penerbit mainstream.

Pemahaman ini masih banyak dianut oleh banyak orang, dan sayangnya salah besar. Jika melihat pada penjelasan,Apasih Indie Itu? jelas indie bukanlah genre, namun gerakan mandiri musisi tersebut, mulai dari recording hingga publishing dilakukan secara sendiri.

Namun kata indie dapat menjadi tambahan deskriptif pada suatu genre, menjelaskan perbedaan antara aspek musik dan aspek bisnis dalam musik. Misalnya: indie-rock, indie-pop, indie-rap, dll.